Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Modem!


Modem diartikan perangkat yang memungkinkan terjadinya komunikasi antarkomputer melalui jaringan kabel telepon. Modem berasala dari singkatan dua kata, yaitu MOdulasi dan DEModulasi. Modulasi adalah peroses pengubahan sinyal informasi berupa sinyal digital menjadi sinyal pembawa (carrier, berupa sinyal analog) yang dikirm melalui kabel telepon. Demodulasi adalah pemisahan sinyal informasi yang berisi data dari sinyal pembawa melalui kabel telepon. Dengan cara demikian, informasi diterima dan diproses komputer. Setiap modem memiliki kemampuan mengirim dan menerima sinyal analog sehingga modem termasuk alat komunikasi dua arah.

Sejalan perkembangan teknologi, kecepatan transfer data melalui jalur telepon dengan sinyal analog dianggap tidak dapat memenuhi keinginan pengguna yang membutuhkan transfer data cepat. Hal ini disebabkan sinyal analog yang merambat melalui kabel telepon sering mengalami gangguan (noise) dari lingkungan. Selain itu, sinyal analog yang membawa data telah di-setting pada frekuensi tertentu. Hal ini dapat menghindari interferensi dengan gelombang yang membawa sinyal suara. Akibatnya, kecepatan transfer data tidak dapat ditingkatkan lagi.

Kelemahan tersebut diatasi para ahli melalui pengembangan proses transfer data dalam bentuk digital dan penggunaan jalur komunikasi lain sebagai sarana transfer data. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, saat ini tersedia berbagai jenis modem yang sesuai dengan teknologi dan jalur komunikasi data yang digunakan. Modem dapat berperan sebagai "gerbang" atau pintu masuk untuk mengakses internet. Saat ini, tuntunan mobilitas mengakibatkan modem digunakan sebagai media untuk mengakses internet secara pribadi (home user). Ditinjau dari letaknya, modem digolongkan menjadi modem internal dan modem eksternal. Modem internal terletak di dalam casing komputer, sementara modem eksternal terletak diluar casing komputer.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar