Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Ray Tomlinson, si Penemu E-mail!


Raymon Samuel Tomlinson, seorang insinyur komputer, adalah tokoh yang menemukan e-mail (surat elektronik) berbaris internet. Fasilitas e-mail ditemukan pada akhir tahun 1971 di ARPANET. Penemuan e-mail termasuk inovasi besar. E-mail adalah aplikasi untuk pengiriman pesan sederhana kepada orang lain melalui jaringan.

Saat bekerja di ARPANET, Ray Tomlinson sedang mengerjakan program yang disebut SNDMSG (send message). Program ini memungkinkan pengguna komputer yang sama dapat meninggalkan pesan satu dengan yang lain atau sistem e-mail dengan jenis komputer tunggal. Saat itu, ia mencoba program transfer (CYPNET) yang memungkinkan pengguna komputer mengirim file untuk mengarahkan komputer terkoneksi dengan ARPANET. Selanjutnya, ia berpikir jika menggabungkan SNDMSG dan CYPNET bersamaan, ia dapat mengirim pesan ke kotak pos elektronik lain dalam satu jaringan.

Melalui berbagai eksperimen, Ray Tomlinson akhirnya menggunakan simbol @ sebagai petunjuk alamat bagi pengguna e-mail. Simbol tersebut mewakili tempat dan hanya preposisi pada keyboard. Penggunaan simbol @ membawa dampak yang global. Ray Tomlinson mengakui bahwa penemuannya dihasilkan "hanya dari berpikir tidak lebih dari 30 atau 40 detik". Simbol @ berfungsi membedakan mana pengguna/username dengan domain/alamat server. Simbol @ dibaca "et" yang berarti "di".

E-mail pertama kali yang dikirim Ray Tomlinson antarkomputer dengan menggunakan jaringan ARPANET sebagai koneksi di antara keduanya. Pesan e-mail yang pertama dari Ray Tomlinson adalah "QWERTYUIOP". Pesan QWERTYUIOP berperan sebagai pesan bersejarah karena isi pesan pertama yang dapat dikirimkan melalui jaringan ARPANET yang berkembang menjadi jaringan internet.

Penemuan e-mail menurut sebagian besar kalangan termasuk pencapaian penting dan revolusioner dalam teknologi informasi. Ray Tomlinson layak menjadi 50 tokoh berpengaruh dalam dunia informatika. Ray Tomlinson yang memilih simbol @ sebagai penanda alat surat elektronik. Simbol tersebut ditulis di belakang nama si pengirim atau penerima pesan. Bahkan, saat ini penggunaan e-mail telah berkembang menjadi sarana komunikasi global paling murah dan praktis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar